Inilah Cara Mencegah Bahaya Kebakaran di Dalam Rumah

Menurut data dari The Centers of Disease Control and Prevention (CDC), ada setidaknya 11.000 orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun dikarenakan oleh kecelakaan-kecelakaan seperti insiden terjatuh, kebakaran, tenggelam dan keracunan. Beberapa kecelakaan tersebut ternyata termasuk dalam kategori kecelakaan yang dapat dicegah. Dengan mengambil langkah tepat dan berfokus pada unsur-unsur keselamatan di dalam rumah, Anda dapat memberikan proteksi maksimal kepada diri Anda dan anggota keluarga Anda untuk menjadi salah satu korban dari beberapa bahaya yang mematikan tersebut.

Jasa bangun rumah sejasa

Untuk memberi petunjuk kepada Anda untuk menyiapkan hunian yang tidak hanya nyaman, tapi juga aman, dalam artikel ini akan diulas beberapa tips mudah untuk menghindarkan kecelakaan berbahaya terjadi di rumah Anda.

  1. Jangan menumpuk steker di stopkontak

Beberapa rumah mungkin hanya dilengkapi dengan beberapa soket listrik, terutama rumah-rumah yang sudah tua. Hal ini menjadi sebuah masalah jika Anda ingin mengikuti perkembangan teknologi dengan menggunakan berbagai macam perangkat elektronik di rumah. Dengan semakin banyaknya peralatan elektronik yang Anda gunakan, Anda juga memerlukan lebih banyak stopkontak untuk mengoperasikan alat-alat elektronik tersebut.

Namun hindari menumpuk steker di satu sumber stopkontak. Jika Anda mencolok berbagai steker dari satu sumber stopkontak yang sama, kemungkinan terjadinya korsleting listrik akan sangat tinggi. Hal ini dikarenakan area stopkontak tersebut akan dialiri listrik dengan arus yang sangat besar apabila banyak peralatan listrik yang mengambil daya dari sana. Alhasil, korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran sangat mungkin terjadi. Untuk itu, hindari untuk menumpuk steker di satu tempat saja, dan gunakan sambungan stopkontak atau terminal listrik.

  1. Selalu periksa sistem kelistrikan

Masih seputar listrik, selain bijaksana menempatkan steker pada stopkontak, Anda juga harus rajin mengecek sistem kelistrikan di rumah Anda. Ketahui jika ada rangkaian kabel yang rusak atau terkelupas, dan segera perbaiki sesegera mungkin. Jangan pernah lalai untuk masalah yang satu ini karena sedikit saja Anda lalai, akan fatal akibatnya.

  1. Hindari menggunakan peralatan elektronik dengan kabel yang rusak

Seiring berjalannya waktu pemakaian, kadang beberapa alat elektronik mengalami kerusakan bukan hanya pada komponennya, tapi pada kabel powernya. Sebelum mencolokkan steker suatu alat pada stopkontak dan menekan tombol on, pastikan dahulu bahwa kabel dari alat tersebut tidak cacat, rusak, atau terkelupas untuk menghindari bahaya yang dapat terjadi.

  1. Jangan meninggalkan panci atau wajan di atas kompor menyala tanpa pengawasan

Ketika sedang memasak di dapur, jangan sesekali meninggalkan dapur Anda dalam keadaan kompor menyala dengan alasan apapun. Api dari kompor yang terus menerus menyala tanpa pengawasan sudah sering disebut menjadi biang kebakaran pada banyak kasus. Untuk itu ketika memasak, jangan pernah tinggalkan kompor Anda yang kondisinya masih menyala.

  1. Jauhkan pisau dan benda tajam lainnya dari jangkauan

Simpan semua pisau dan benda tajam lainnya jauh dari jangkauan agar tidak ada kemungkinan terjatuh dan melukai diri Anda. Menaruh pisau di meja dapur dinilai membahayakan karena bisa sesekali tersenggol dan matanya yang tajam jatuh tepat di atas kaki Anda. Begitupun juga dengan palu daging atau gunting. Simpan seluruh barang-barang tersebut dengan rapi di atas kabinet.

  1. Memasang pendeteksi asap

Salah satu hal yang perlu segera Anda lakukan ketika pertama kali menginjakkan kaki di rumah Anda adalah menginstal perangkat keamanan di rumah, salah satunya adalah alat pendeteksi asap. Alarm ini dapat mengurangi resiko kebakaran semakin besar dan menjalar sehingga nyawa banyak orang dapat lebih diselamatkan ketika terjadi kelalaian yang menyebabkan adanya percikan api.

  1. Buat rute evakuasi ketika bahaya terjadi

Ketika membangun rumah, konsultasikan dengan pihak penyedia jasa bangun rumah yang telah Anda pilih untuk membuatkan rumah yang memiliki rute evakuasi yang mudah apabila ada bahaya mengancam, dan mengharuskan Anda untuk keluar dari rumah. Dengan desain rumah yang memungkinkan Anda mengevakuasi seluruh keluarga Anda dengan mudah, Anda tidak hanya akan tertolong ketika ada bahaya menimpa, tapi juga ketika rumah tersebut ingin Anda jual kembali.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *