Ini Dia 3 Point yang Menentukan Kualitas Susu Bayi Agar Anda Tidak Salah Saat Memilihnya

Sebenarnya tidak ada standar baku dalam memilih susu bayi di pasaran, dalam artian susu formula yang memang jenisnya beragam. Susu formula merupakan produk susu yang ditujukan bagi bayi dan anak-anak yang diolah dari susu sapi. Pengolahan di industri pabrik menjadikan susu sapi cair mampu menjadi susu bubuk yang tentunya lebih awet atau tahan lama. Produknya sendiri sudah ada sejak lama dan memang sangat membantu para ibu.

Susu Bayi

Bantuan yang diberikan akan sangat berarti manakala seorang ibu mengalami hambatan untuk memberikan ASI. Jenis hambatan ini beragam, paling sering adalah:

  • ASI ibu tidak keluar ataupun sekalinya keluar jumlahnya sedikit sehingga tidak memenuhi kebutuhan bayinya.
  • Ibu kemudian punya tanggung jawab bekerja di luar rumah sehingga tidak bisa menyusui setiap saat.
  • Ibu sakit pasca persalinan.
  • Atau bayi mengalami alergi ASI, sekalipun kasus ini terbilang sangat langka namun tetap ada.

Ketika pemberian ASI tidak bisa dilakukan otomatis orangtua, yakni ibu dan ayah si bayi akan berusaha menggantikan ASI tersebut dengan produk susu di pasaran. Susu formula pun menjadi solusi yang paling ideal, sebab bisa dibeli dimana saja entah minimarket sampai situs belanja online dengan harga dan jenis yang bervariasi. Pemilihannya sendiri memang tinggal disesuaikan dengan selera dan kemampuan finansial, sebab beberapa memang dikenal punya banderol harga yang tinggi.

Memilih Susu Formula Terbaik

Pada dasarnya dalam memilih produk susu bayi dalam kemasan, atau susu formula setiap orangtua wajib memilihkan yang terbaik. Label terbaik ini terpenuhi apabila:

  1. Mengandung nutrisi yang kompleks,

Perlu diakui bahwa sebagus apapun susu formula memang masih kalah dengan ASI, namun bukan berarti menjadi pilihan yang buruk. Pengembangan produk susu formula sendiri memang terus terjadi dan semakin kesini kandungan nutrisinya semakin kompleks. Bahkan terdapat beberapa nutrisi yang tidak ditemukan pada ASI, jadi silahkan mencari yang nutrisinya paling kompleks namun tetap sesuaikan dengan kapasitas dompet.

  1. Bebas dari bahan berbahaya,

Mengecek komposisi bahan yang tertera pada kemasan produk makanan untuk bayi, termasuk susu formula hukumnya adalah wajib. Ketika susu formula yang beredar di pasaran ternyata belakangan diketahui mengandung unsur berbahaya, maka akan ditarik peredarannya. Maka jangan membeli susu formula secara asal tanpa mengecek reputasi dan kredibilitasnya. Manfaatkan internet untuk mengecek manfaat dan sifat setiap komposisi yang tercantum pada kemasan, sehingga tidak memberi susu yang membahayakan buah hati.

  1. Cocok dengan pencernaan bayi,

Paling penting sebenarnya dari semua perhatian tadi adalah memilih susu khusus bayi yang cocok dengan pencernaannya. Mengapa? Sebab rata-rata bayi yang diberikan susu formula mengalami alergi, dan reaksinya beragam. Mulai dari sekedar badan lemas sampai mengalami diare hebat dan masalah pada kulit seperti kemerahan sampai bengkak. Susu formula yang dikenal bagus dan paling mahal kalau malah memicu alergi tentu bukan pilihan yang tepat.

Memahami pentingnya memilih susu yang paling tepat menjadikan merek, harga, dan kandungan nutrisi menjadi diabaikan. Sebab sebaik apapun kalau sistem pencernaan si kecil menunjukan penolakan tentu perlu beralih ke susu formula lainnya. Akan lebih mudah jika dikonsultasikan dengan dokter anak maupun kandungan yang membantu proses persalinan Anda. Nantinya akan dibantu memilihkan produk susu bayi dalam kemasan yang memang cocok, sehingga menghindari salah pilih yang berdampak pada terganggunya tumbuh kembang si kecil.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *